Kamis, 19 Mei 2011

Ilmu Matematika dalam Kehidupan Sehari-hari


Program Linear
Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai aplikasi program linear, seperti: pembagunan perumahan atau apartemen, pemakaian obat-obatan dalam penyembuhan pasien, pemakaian tanah untuk lahan parkir, masalah transportasi , dan lainnya. Pada aplikasi program linear sering dijumpai perkataan “terbesar” ataupun “terkecil” dari sejumlah batasan yang berupa pertidaksamaan linear. Penyelesaian sistem pertidaksamaan linear secara grafik dapat berupa daerah tertutup yang merupakan syarat memaksimumkan fungsi objektif dan daerah terbuka yang merupakan syarat meminimumkan fungsi objektif.

Matriks
Bila kita menonton siaran olahraga sepak bola di TV pada Liga Italia Seri-A, sering dijumpai klasemen sementara hasil pertandingan. Daftar hasil pertandingan itu telah mengikuti aturan pada matriks yaitu yang diatur pada baris dan kolom. Hal itu berarti kita telah mempelajari tentang matriks.

Vektor
Jika kita pergi ke desa yang ada sungainya mak terlihat aktivitas di sungai itu, yaitu: sebuah perahu yang di nahkodai oleg seseorang. Perahu itu bergerak ke depan mengikuti arus air sungai. Aktivitas perahu itu telah mewujudkan sebuah aplikasi dari vektor.

Transformasi Geometri
Jika kita pergi ke tempat pembuatan batik maka kita dapat melihat kain batik dengan berbagai motif yang sesuai dengan estetika masing-masing daerah. Pada lembaran kain (merupakan bidang gambar), akan ditemui bentuk gambar yang sama antara satu gambar dengan gambar yang lain karena adanya pergeseran, gambar terbalik dari gambar sebelumnya karena pencerminan, dan motif-motif lain yang dapat terbentuk karena perputaran, pengecilan, maupun perbesaran gambar yang satu terhadap gambar yang lain. Ini berarti si pembatik telah menggunakan prinsip transformasi pada saat membatik.
Sumber : Sukino. (2006). MATEMATIKA untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar