Minggu, 10 Oktober 2010

Manusia dan Kebudayaan

TUGAS 1
ILMU BUDAYA DASAR
KELAS : 1PA04

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia adalah mahkluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, karena satu sama lain saling ketergantungan. Kebudayaan adalah suatu ciri khas yang menunjukkan adanya perbedaan antara setiap bangsa.

Manusia dan kebudayaan sangat erat hubungannya dan tidak dapat dipisahkan. Sehingga manusia dan kebudayaan mempunyai hubungan sebab akibat. Manusia hidup berkelompok dengan persamaan suku dan budaya sehingga membentuk sebuah kebudayaan di suatu daerah tertentu. Adapun sebuah kebudayaan yang sudah terbentuk di suatu daerah sehingga apabila ada sekelompok manusia yang ingin mendiami suatu daerah tersebut harus bisa menyesuaikan diri dengan kebudayaan di daerah tersebut.

Menurut, Dick Hartoko bahwa hampir semua tindakan manusia itu merupakan kebudayaan. Hanya tindakan yang sifatnya naluriah saja yang bukan merupakan kebudayaan, tetapi tindakan demikian prosentasenya sangat kecil. Tindakan yang berupa kebudayaan tersebut dibiasakan dengan cara belajar. Selanjutnya hubungan antara manusia dengan kebudayaan juga dapat dilihat dari kedudukan manusia tersebut terhadap kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu: penganut kebudayaan, pembawa kebudayaan, manipulator kebudayaan, dan pencipta kebudayaan. Pembentukan kebudayaan dikarenakan manusia dihadapkan pada persoalan yang meminta pemecahan dan penyelesaian. Hal yang dilakukan oleh manusia inilah kebudayaan.

Di Indonesia, kebudayaannya bermacam – macam, dari Sabang sampai Merauke. Dari zaman ke zaman kebudayaan Indonesia semakin tertutup oleh kebudayaan Barat. Hal itu disebabkan banyaknya pengaruh budaya asing yang masuk ke Indonesia. kita harus cermat dalam menilai suatu kebudayaan yang masuk ke Indonseia. Oleh sebab itu perlu ditekankan agar masyarakat Indonesia melestarikan kebudayaan – kebudayaan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar